Home » » Pengertian Bahan Fleece Cotton

Pengertian Bahan Fleece Cotton

 
Pengertian Bahan Fleece Cotton
=============================
Hoodie atau Sweater di indonesia memang tidak seperti halnya kaos atau t-shirt. Karena memang sweater adalah pakaian keseharian bagi masyarakat di Negara yang beriklim subtropics hinggi dingin. Tentu saja hal ini tidak akan sesuai dengan iklim Indonesia yang relative panas. Tapi kepopuleran sweater kini semakin terangkat seiring dengan jenis pakaian ini sering digunakan sebagai identitas komunitas komunitas tertentu dikalangan anak anak muda. Bila anda berkunjung ke bandung maka akan terbiasa melihat muda mudi menggunakan sweater sebagai pakaiaan sehari hari. Selain karena iklim kota bandung yang relative agak dingin, juga dikarenakan di bandung banyak terdapat kelompok atau komunitas anak muda yang dinamis.

Berbicara tentang sweater maka kita akan menyinggung tentang bahan yang digunakan untuk membuat sweater. Bahan yang popular untuk membuat sweater adalah Fleece
Mungkin banyak masyarakat Indonesia yang masih asing dengan nama jenis kain ini. Kalau kita berbicara mengenai Fleece, sebenarnya Fleece adalah finishing dari produk tekstil yang merupakan initasi dari wol. Banyak jenis fleece yang ditemui di dunia garment seperti Fleece polyester, fleece cotton, fleece micro, fleece polar, fleece bamboo dll.
Yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah mengenai fleece cotton. Fleece cotton ini terbuat dari serat campuran antara katun kurang lebih 80% dan serat wol kurang dari 20%. Cirri cirri dari fleece adalah memiliki warna benang yang lebih bercahaya dan lebih ringan dibandingkan bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat katun fleece lebih lembut dan nyaman untuk dipakai. Sehingga dengan tekstur yang lebih halus memungkinkan lebih disukai oleh para pecinta sweater.
Fleece adalah kain lembut, ringan, hangat, dan nyaman. Katun fleece bersifat hidrofobik, yang mampu menyerap air 1% dari beratnya. Fleece cotton bias menguapkan keringat melalui pori pori dengan cepat, sehingga sweater katun fleece tetap ringan dikenakan saat berkeringat. Karena kualitasnya ini fleece cotton digunakan beraktivitas berat seperti jaket dan sweater untuk olahraga. Fleece cotton ini juga bisa dicuci menggunakan mesin cuci dan proses pengeringannya pun relative cepat. Selain itu fleece cotton juga cocok sebagai pengganti atau alternatif bagi pengguna yang alergi atau sensitive terhadap wol.
Kekurangan dari fleece cotton adalah kain ini mudah terbakar. Fleece juga cenderung menghasilkan jumlah listrik stratis yang jauh lebih tinggi dibandingkan kain dari bahan lain karena kandungan listrik statis yang tinggi menyebabkan sweater dari bahan fleece rentan rusak saat dicuci ataupun diseterika.

1 komentar:

  1. Salam kenal kak, terimakasih untuk informasinya. Mau belanja kain fleece tapi masih bingung dimana tempatnya? Langsung aja cek toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : fitinline..

    ReplyDelete

Popular Products